Minggu, 07 Desember 2014

Persiapan aman untuk pengendara motor

Persiapan aman untuk pengendara motor

persiapan aman - cekpremi.com
Perjalanan jauh menggunakan kendaraan roda empat atau kereta sudah biasa dilakukan saat sekarang sekarang  ini. Selain itu, ada juga yang beralih menggunakan motor karena kemudahannya di jalan melewati kemacetan kemacetan bila ada. Faktor lainya yaitu hemat bahan bakar juga menjadi alasan bagi banyak orang untuk menggunakan motor dalam bepergian jarak jauh.
Berkendara jauh menggunakan motor membutuhkan stamina, fokus, dan juga kondisi kendaraan yang lebih dibandingkan bila memakai kendaraan mobil. Alasannya apabila motor selalu memaksa kita untuk memantau setiap jalan agar tetap stabil jalannya.
Bila Anda merencanakan ingin bepergian jauh menggunakan motor, disarankan untuk mempersiapkan semua segala sesuatunya agar saat di perjalanan kondisi Anda tetap bugar dan prima. Berikut beberapa tips yang bisa memberikan masukan untuk Anda dalam mempersiapkan apa saja yang wajib dilakukan sebelum berangkat menggunakan motor.
1. Siapkan fisik dan stamina Anda agar tetap prima saat berkendara. Misalnya dengan cara mengkonsumsi suplemen atau vitamin yang bisa menyokong Anda agar kebugaran badan Anda tetap terjaga.
2. Bawalah bekal bila perlu. Persiapan bekal dilakukan untuk medan yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan warung persinggahan.
3. Istirahatlah yang cukup sebelum memulai perjalanan Anda. Bukan hanya cuma sehari sebelum anda pergi, bisa beberapa hari sebelumnya. Hal ini  agar dimaksudkan kondisi tubuh nanti di perjalanan tetap bugar dan segar. Selain itu, bila ada waktu beristirahat di jalan, bisa di gunakan sebaik-baik mungkin untuk memulihkan tenaga dan pikiran.
4. Jangan bebankan pikiran Anda dengan yang macam-macam saat mengendarai motor di jalan raya. Dan Fokuslah kepada jalan dan sekitar Anda.
5. Bukan cuma badan yang harus dipersiapkan. Motor anda juga harus dipersiapkan dengan sematang matang mungkin. Periksakan ke bengkel motor Anda untuk tuneup pada oli, aki, kondisi mesin motor, karburator, lampu, rem, dan juga kondisi ban motor Anda. Ini sangat penting,sekali jangan sampai di jalan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
6. Saat berkendara, pastikan posisi duduk Anda dalam keadaan benar dan tidak miring. Buatlah agar senyaman mungkin.dengan  Mengatur hal-hal seperti ini memungkinkan Anda untuk bisa bertahan lama duduk di atas motor dan tidak membuat Anda cepat capek dan lelah . Pelajari teknik-tekniknya agar manfaatnya bisa didapatkan.
7. Terkadang orang beranggapan bahwa perjalanan akan lebih lama lagi bila mengambil waktu untuk beristirahat. Dan Sebaiknya jangan mengikuti pandangan yang seperti ini. Tubuh dan motor Anda butuh jeda untuk beberapa saat setelah sepanjang jalan berkendara motor. Ingat, daya tahan tubuh manusia ada batasnya juga Dan Begitu juga dengan motor, jangan sampai terlalu kepanasan. Jangan Memaksakan diri dan motor berarti memancing resiko kecelakaan.
8. Ingatlah selalu untuk melakukan komunikasi isyarat saat di jalan. Dengan begitu Anda akan menjaga keselamatan diri sendiri dan juga orang lain yang juga sedang berkendara di sekitar Anda. Bunyikan juga klakson seperlunya saja serta lampu sebagaimana mestinya.
9. Dan jangan lupa pakai helm yang menutupi seluruh kepada Anda sampai telinga. Bukan sembarang helm, pakailah helm yang sudah berstandar SNI. Pakai juga yaitu pengalas dada, jaket, sarung tangan, penutup hidung ataupun  masker, dan persiapkan mantel untuk berjaga-jaga apabila hujan tiba-tiba turun.
10. Terakhir, berdoalah sebelum berangkat ke tempat tujuan anda. Semoga Tuhan akan selalu menyertai kita dalam perjalanan. Di jaman sekarang maling curanmor memang sangat pintar dalam mencuri motor seseorang, dan sebagian dari anda pasti pernah menjadi korban curanmor maka berhati hatilah dalam memarkir motor anda, gunakan asuransi motor agar motor anda dapat diganti oleh pihak asuransi, jika motor anda mengalami musibah motor di curi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar