image source cekpremi.com |
1. Menunda untuk melaporkan masalah
Perusahaan asuransi
senantiasa sigap mengatasi permasalahan yang dialami para nasabahnya. Dengan
syarat si nasabah itu langsung menghubungi perusahaan asuransi perjalanan untuk
melaporkan secara detail kejadian atau musibah yang dialami. Hal Ini merupakan langkah
sederhana yang sangat penting untuk mendapatkan klaim asuransi Anda. Pastikan
juga di saat menghubungi pihak perusahaan asuransi, mereka sangat sadar akan
situasi dan kebutuhan darurat yang sedang Anda perlukan. Dan Sebaiknya jangan
tunda untuk menghubungi pihak asuransi begitu Anda terkena musibah. Bisa-bisa asuransi perjalanan Anda
malah ditolak jika sudah terlampau lama melaporkannya dan melebihi batas waktu untuk
melaporan. Waktu sungguh sangat penting karena penundaan yang tidak wajar bisa
berakibat perusahaan asuransi menolak klaim Anda. Kalau Anda terjebak di dalam
situasi sulit dan tidak bisa mengajukan klaim dalam batas waktu yang telah
ditetapkan, hubungi segera perusahaan asuransi dan jelaskan situasinya.
2. Musibah di luar
proteksi
Anda harus cermat
membaca setiap perjanjian yang tertulis dalam asuransi perjalanan tersebut. Dan
lihat Musibah apa saja yang mendapat proteksi dan apa saja yang tidak di
proteksi. Ada banyak masalah yang mungkin tidak dilindungi oleh polis asuransi
perjalanan Anda. Dan Salah satunya yaitu cedera yang dilakukan dengan sengaja (bunuh
diri). Hal lainnya yaitu mengalami keguguran
kandungan saat sedang melakukan perjalanan. Penyebab terjadinya musibah itu karena
kelalaian Anda sendiri memang tidak masuk dalam tanggungan asuransi.
3. Kurang Dokumen
Pendukung
Keabsahan dokumen
pendukung sangat penting untuk menunjang klaim asuransi. Hal ini adalah untuk
mencegah terjadinya kecurangan yang terjadi pada klaim asuransi. Misalkan,
apabila Anda ingin membatalkan perjalanan karena alasan kesehatan dan
mengajukan klaim maka harus menyertakan surat keterangan dari dokter atau rumah
sakit tersebut. Dan Dalam surat keterangan itu juga harus disertai dengan
keterangan dokter yang menyatakan bahwa Anda tidak sanggup untuk melakukan
perjalanan. Bawalah dokumen dokumen asli dengan formulir klaim asuransi, dan
simpan juga foto copy nya
4. Alasan yang tidak
logis dan jelas
Bukan maksudnya untuk
mencurigai setiap keluhan para nasabahnya. Perusahaan asuransi malahan sering
kali dijadikan sumber uang dengan cara pengajuan klaim yang sangat tidak logis.
Oleh karena itu untuk memastikan supaya nasabah tidak memanfaatkan perusahaan
asuransi demi keuntungan sepihak maka berikan alasan yang jelas dan logis. Bila alasan yang diberikan tidak wajar
dan tidak termasuk dalam proteksi polis asuransi maka wajar kalau asuransi
perjalanan Anda ditolak pihak asuransi. Persoalan sepele tidak akan dilayani. Tentunya agar memastikan supaya nasabah tidak memanfaatkan
perusahaan asuransi demi keuntungan sepihak.
5. Pembelian Polis
Yang datang Terlambat
Usai membayar tiket
perjalanan, segeralah membeli polis asuransi perjalanan. Dan Perusahaan
asuransi pasti hanya akan memproteksi kebutuhan di masa yang akan mendatang.
Jadi, pastikan kalau Anda sudah memiliki polis asuransi perjalanan di saat
melakukan liburan keluarga. Sehingga dikalau terjadi musibah setelah Anda
membeli tiket perjalanan akan langsung bisa diproteksi. Pembelian polis yang
terlambat terlebih saat sudah melangsungkan perjalanan maka berakibat pada
penolakan proteksi diri.
Meskipun sudah
memiliki asuransi perjalanan bukan berarti Anda merasa sudah aman. Sebaiknya
Anda selalu melakukan kewajiban untuk melindungi barang bawaan dan mengambil
tindakan seperlunya untuk menghindari pembatalan penjurian, perjalanan, atau
kehilangan barang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar